Rabu, 31 Desember 2014

LENSA

LENSA
I.             Latar belakang
Lensa merupakan suatu benda transpaarn yang mampu membelokkan atau membiaskan berkas-berkas cahaya yang melewatinya. Lensa merupakan perangkap optic ynag telah banyak berguna dalam kehidupan. Diantaranya untuk kaca mata, teropong, kamera maupun kaca pembesar.
Lensa itu sendiri dibedakan menjadi 2 jenis yaitu lensa cembung dan cekung. Oleh karena itu perlu dilakuakn percobaan ini guna dapat memahami lebih lanjut mengenai lensa.
II.           Tujuan
Mengukur jarak fokus lensa negative.
III.          Dasar teori
Lensa adalah benda transparan yang mampu membelokkan atau membiaskan berkas-berkas cahaya yang melewatinya. Sehingga jika suatu benda berada di depan lensa maak bayangan dari benda tersebut akan terbentuk. Pada umumnya sebuah lensa memiliki bagian-bagian yang di sebut titk fokus pertama dan kedua, radius kelengkungan pertama dan kedua seta pusat lensa.
Dengan aturan sebagai berikut:
·         Permukaan yang memiliki titik pusat disebelah kanan pusat lensa (R) bernilai positif
·         Permukaan yang memiliki titik pusat disebelah kiri pusat lensa (R) bernilai negative.
·         Untuk lensa yang permukaannya datar memiliki jari-jari R tak terhingga
Berdasarkan aturan tersebut, maka lensa cembung memilki R1 positif dan R2 negatif. Pada lensa datar memilki R1 positif dan R2 tak terhingga. Pada lensa cekung R1 negatif dan R2 positif.
(Tippler,1989)
Lensa cekung adalah lensa yang bagian tengahnya berbentuk cekung lebih tipis daripada bagian tepinya. Cahaya yang lewat melalui sebuah lensa cekung dibelokkan ke arah tepi lensa atau menjauhi sumbu lensa (Gambar 3.9). Sinar-sinar sejajar dikenakan pada lensa cekung, sinar-sinar biasnya akan menyebar seolah-olah berasal dari satu titik yang disebut titik focus. Titik fokus lensa cekung berada pada sisi yang sama dengan sinar datang sehingga titik fokus lensa cekung bersifat maya atau semu dan bernilai negatif.

(Rinie, dkk, 2008)
Bagaimana pembentukan bayangan pada lensa cekung? Sebelum membahas tentang pembentukan bayangan pada lensa cekung, terlebih dahulu harus kamu ketahui sinar-sinar istimewa pada lensa cekung. Sinar istimewa ini sangat penting sebagai dasar melukis pembentukan bayangan pada lensa cekung. Adapun sinar-sinar istimewa pada lensa cekung adalah sebagai berikut ditunjukkan Gambar 3.10:
1)     Sinar datang sejajar sumbu utama akan dibiaskan seolaholah berasal dari titik fokus.
2)     Sinar datang seolah-olah menuju titik fokus lensa pertama (F1) akan dibiaskan sejajar sumbu utama.
1)     Sinar yang datang melewati pusat optik lensa (O) tidak dibiaskan.


Gambar 3.10 Sinar-sinar istimewa pada lensa cekung
(Sumber : Wasis dan Sugeng, 2008: 248)
IV.          Alat dan bahan
1.  Meja optis 100 cm
2.  Lensa negative
3.  Celah bentuk mata panah
4.  Lampu filament 100 watt
5.  Catu daya
6.  Layar
V.           Data pengamatan
Lensa cekung
Sifat bayangan: maya, tegak, diperbesar
S(m)
S’(m)
0,25
0,05
0,255
0,12
0,275
0,115
0,285
0,1
0,29
0,095

VI.          Pembahasan
Prinsip dari percobaan ini adalah menentukan jarak fokus dari kedua lensa dengan mengguanakan perbandingan antara jarak benda dengan jarak bayangannya berdasarkan persamaan:

Percobaan dilakukan untuk mengetahui jarak fokus dari lensa negative (cekung). Untuk melakukan percobaan ini di gunakan 2 lensa yaitu lensa cekung dan cembung. Hal ini dikarenakan lensa cekung bersifat menyebarkan cahaya, sehingga di perlukan lensa cembung yang dipasang di depan sinar laser. Lensa cembung ini bermanfaat untuk mengumpulkan berkas cahaya. Oleh karena itu pada percobaan ini bayangan dari lensa cembung merupakan objek (benda) bagi lensa cekungnya.
Dari percobaan yang dilakukan didapatkan hasil bayangan yang bersifat maya, tegak dan di perbesar. Bayangan bersifat maya karena sinar datang dari lensa cembung menuju lensa cekung dibiaskan dari titik fokusnya.
Dari hasil data yang di dapat s dan s’ berbanding terbalik, sehingga semakin besar jarak benda maka jarak bayangannya akan semakin kecil. Di dapat jarak fokus dari lensa tersebut (0,1996 ) dengan ketelitian 94,7%.
VII.        Kesimpulan
Dari hasil percobaan di dapat jarak fokus dari lensa cekung 0,1996 m.
VIII.       Daftar pustaka

Tippler,A.Paul.1989.Fisika untuk Sains dan Tehnik.Jakarta:Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar